Cara Merawat Bunga Anggrek

Bagi penggemar tanaman Anggrek yang sudah senior barangkali tidak akan mengalami kesulitan dengan cara menanam dan merawat Bunga Anggrek, akan tetapi bagi yang masih pemula atau  belum terbiasa merawat bunga Anggrek akan kesulitan menjaga agar bunga Anggrek tetap berbunga.

Bunga Anggrek memiliki keanekaragaman bentuk, ukuran, warna, serta corak bunga dan mudah tumbuh di daerah tropis. Sedangkan suhu ideal untuk pertumbuhan bunga anggrek yaitu : rata- rata 25 derajat Celsius pada siang hari dan rata- rata 15 derajat Celsius pada malam dengan kelembaban 65 – 70 %.

Bunga Anggrek memiliki sifat pertumbuhan yang lambat sehingga untuk mempercepat pertumbuhannya maka diperlukan pemupukan. Cara untuk pemupukan bunga Anggrek yaitu dengan menggunakan sprayer atau penyemprotan. Sedangkan waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan pada pagi hari dari jam 08.00 – 11.00 dan sore hari jam 15.00 – 17.00 dengan tujuan agar pupuk dapat diserap secara maksimal.

Langkah – langkah dalam perawatan bunga Anggrek sebagai berikut :

Pemupukan
Untuk pemupukan bunga Anggrek mesti disesuaikan dengan usianya yaitu : bunga Anggrek yang masih muda dipupuk dengan pupuk yang mengandung unsur Nitrogen (N) guna mempercepat pertumbuhannya. Sedangkan bunga Anggrek yang siap berbunga dibutuhkan pupuk yang mengandung unsur Phospor (P)

Penyiraman
Waktu penyiraman bunga Anggrek pada pagi hari dari jam 07.00 – 09.00 dan sore hari jam 14.00 – 18.00. Penyiraman dilakukan 1 – 2 kali sehari dengan cara menyemprot pada bagian akar bunga Anggrek.

Penaungan
Bunga Anggrek merupakan jenis tanaman yang tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, akan tetapi memerlukan sinar matahari yang cukup sehingga memerlukan perlindungan / penaungan seperti jala lembut, lembaran plasik berwarna hijau atau menggunakan kasa.

Penyesuaian Pot
Penggantian pot atau media pertumbuhan menjadi penting ketika bunga Anggrek telah tumbuh besar untuk itu menyesuaikan media tumbuhannya bunga diperlukan. Untuk itu pot mesti diganti disesuaikan dengan ukuran bunga Anggrek agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

Selamat mencoba dan berkebun…..

This entry was posted in Hobby and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.